Melati | tanaman melati holland

Melati | tanaman melati holland

 

Melati merupakan tumbuhan bunga hias berupa perdu brbtng tegak yg hidup menahun. Melati mrpkn genus dr semak & pohon merambat dlm keluarga zaitun (Oleaceae). Trdr dari sekitar 200 varietas pohon asli daerah beriklim tropis & hngt dr Eurasia, Australasia & Oseania, melati secara luas dibudidayakan untuk aroma khas bunganya yang harum. Di Indonesia, salah satu jenis melati tlh dipilih menjadi "puspa bangsa" atau bunga simbol nasional yaitu melati putih (Jasminum sambac), karena bunga ini melambangkan kesucian & kemurnian, serta dikaitkan dengan brbg tradisi dari banyak suku di negara ini. Bunga ini mrpkn bgn yg tdk trpshkn dari hiasan rambut pengantin perempuan dalam upacara perkawinan brbg suku di Indonesia, terutama suku Jawa dan Sunda. varietas lain yg jg popular adalah melati gambir (J. officinale). Di Indonesia nama melati diknl oleh masyarakat di seluruh wilayah Nusantara. Nama-nama daerah untuk melati adl Menuh (Bali), Meulu atau Riwat (Aceh)[1]Menyuru(Banda), Melur (Gayo dan Batak Karo), Manduru (Menado), Mundu (Bima & Sumbawa) & Manyora (Timor), Melati Salam (UMI), Malete (Madura) serta Beruq-beruq(Mandar).

Di Italiamelati casablanca (Jasminum officinalle), yang disebut Spanish Jasmine ditanam tahun 1692 untuk dijadikan parfum. Tahun 1665 di Inggris dibddykn melati putih (J. sambac) yang diperkenalkan oleh Duke Casimo de Medici. Dalam tahun 1919 ditemukan melati J. parkeri di kwsn India Barat Laut yang kemudian dibddykn di Inggris pd thn 1923.

Manfaat

Bunga melati bermanfaat untuk bunga tabur, bahan industri minyak wangikosmetikaparfumfarmasi, penghias rangkaian bunga & bahan cmprn atau pengharum teh, sprt teh melati yg popular di Indonesia.

Bunga dan daun-daun dari bbrp spesies melati digunakan untk mengurangi atau menghentikan keluarnya susuibu[2][3], dalam rupa bunga yg diremukkan atau tapal daun-daunan yg ditmplkn di atas buah dada[4].

Tapal daun-daun dr beberapa varietas melati dipakai untuk mengobati bisul & sakit kulit. Daun-daun ini jg dgnkn sbg obat kumur untuk mengobati seriawan dan pembengkakan gusi. Air rendaman bunga yang tlh brmlm dgnkn sbg penyegar untuk mencuci muka.[4]

Ekstrak akar beberapa jenis melati dimnftkn sbg pnrn demam. Rebusan akar melati atau rendaman bunganya dipakai untuk mengatasi radang peparubronkitis, & juga asthma. Akar yang ditmbk dijdkn tapal untuk menyembuhkan keseleo atau patah tulang. Tingtur (ekstrak dalam alkohol) akar J. sambac mempunyai khasiat kuat sbg penenang (sedativa), anestetik, & pnymbh luka.[4]

Beberapa jenis melati juga ditanam sebagai penghias taman.[5].

2019-02-21 13:16:08 * 2019-02-21 12:08:07

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Melati | tanaman melati holland adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Melati | tanaman melati holland"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit