Kurma (pohon) | kurma pohon

Kurma (pohon) | kurma pohon



Gambar untuk Kurma (pohon) + kurma pohonKurma (pohon) Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas id wikipedia org wiki Kurma_(pohon)CacheMiripKurma, (Arab: تمر , Tamr; nama latin Phoenix dactylifera) adalah tanaman palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix, buahnya dapat dimakan Walaupun  Wow! Kurma Umur 20 Bulan Berbuah di Indonesia oleh Imam kompasiana wow kurma umur 20 bulan berbuah di indonesiaCache27 Sep 2018 Lima tandan buah kurma tampak menjuntai dari satu pohon kurma varietas KL 1 betina yang tumbuh di kebun penelitian dan pengembangan  Terbongkar Rahasia Cara Menanam Pohon Kurma di Indonesia ► 4:58 youtube watch?v=1_XlgQDIdAI19 Apr 2018 5 menit Diupload oleh Tanaman BuahTerbongkar Rahasia Cara Menanam Pohon Kurma di Indonesia selamat datang Pohon Kurma di Masjid Al Barkah Bekasi Berbuah Saat Ramadan wartakota tribunnews pohon kurma di masjid al barkah bekasi berbuah saat ramadanCache23 Mei 2018 Pohon Kurma, tanaman khas timur tengah ternyata dapat tumbuh subur di Halaman Masjid Agung Al Barkah, Jalan Veteran, Bekasi Selatan Heboh Pohon Kurma di Kemiling Sudah Berbuah, Bukan Pemkot lampung tribunnews heboh pohon kurma di kemiling sudah berbuah bukan pemkot ternyata sosok ini yang menanamCache22 Sep 2018 Keberadaan tanaman kurma tersebut menarik perhatian banyak orang karena ternyata bisa tumbuh dan malah berbuah Di sekitar pohon  Kisah Pohon Kurma yang Menangis | Republika Online m republika co id pmjuu3313 kisah pohon kurma yang menangisCache8 Feb 2019 Sang Nabiyullah kemudian mendekati sebuah pohon kurma Beliau mengelusnya, kemudian memeluknya Maka, berhentilah suara tangisan  2 Bibit Pohon (jantan betina) Kurma HYBRID impor dari Thailand shopee co id 2 Bibit Pohon (jantan betina) Kurma HYBRID impor dari Thailand 20cm i 62312296 1014796808CachePohon kurma merupakan salah satu tanaman jenis palm yang memiliki banyak manfaat & keistimewaan Pohon kurma berumah tunggal, sehingga hanya  Laporan: 12 000 ton hasil panen kurma di Gaza tahun 2018 Suara suarapalestina laporan 12000 ton hasil panen kurma di gaza tahun 2018Cache3 Okt 2018 Pohon pohon kurma yang besar menghiasi langit dan bumi Palestina serta memiliki ragam khasiat dan dapat diolah menjadi berbagai jenis  Ingin Kembali Berjaya, Negara Ini Tanam 70 Ribu Pohon Kurma dream co id irak tanam 70 ribu pohon kurma 180629e htmlCache29 Jun 2018 Dream Irak akan menanam 70 ribu pohon kurma di selatan Baghdad Negara ini berharap dapat kembali menjadi pemain utama dalam 

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kurma (pohon) di Papua, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Riau, Sulawesi Selatan, DKI Jakarta, Gorontalo, Riau, Kalimantan Utara

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah kurma pohon di Gunung Kidul, Kab. Kubu Raya, Barru, Kab. Karawang, Barito Timur, Barru, Kutai Timur, Kab. Trenggalek, Mamberamo Tengah, Pangkal Pinang, Bengkulu, Kab. Banjarnegara, Barito Timur, Rejang Lebong,

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kurma (pohon) | kurma pohon di Kec. Karimun, Kec. Kemuning, Kec. Batang, Kec. Rancabali , Kec. Kersamanah, Kec. Labangka, Kec. Pante Beudari, Kec. Astananyar, Kec. Sumber Wringin, Kec. Limbong, Kec. Medan Timur, Kec. Ujung Padang, Kec. Senen, Kec. Binjai, Kec. Peundeuy, Mambi, Kec. Srumbung, Kec. Bumiayu, Kec. Kesamben, Kec. Lawang Kidul

Kurma, (Arab: Tamr; nm latin Phoenix dactylifera) adalah tanaman palma (Arecaceae) dlm genus Phoenix, buahnya bisadimakan. Wlpn tempat asalnya tdk diketahui krn tlh sjk lama dibddykn, kmngkn tanaman ini berasal dari tanah sekitar Teluk Persia[1]. Pohonnya berukuran sdng dg tngg sekitar 15-25 m, tumbuh secara tunggal atau mmbntk rumpun pd sjmlh batang dari sebuah sistem akar tunggal. Daunnya memiliki pnjng 3-5 meter, dengan duri pada tangkai daun, menyirip & memiliki sktr 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran dengan pnjng 30 centimeter & lebar 2 centimeter . Rentangan pnh mahkotanya berkisar dari 6-10 m.

Etimologi
Nama varietas dactylifera "date-bearing" berasal dr Yunani kuno, dáktulos, "kurma" (juga "jari")[2] & batang dr kata kerja Latin, fero, "Saya memberi".[3]

Sejarah Kurma
Kurma telah mnjd mknn pokok di Timur Tengah selama ribuan thn lamanya. Tumbuhan Kurma diyakini berasal dari sktr Teluk Persia dan tlh dibudidayakan sejak zaman kuno dari Mesopotamia ke prasejarah Mesir, kmngkn pada awal 4000 SM. Bangsa Mesir Kuno menggunakan buahnya untuk dibuat menjadi anggur kurma & memakannya pada saat panen. Ada bkt arkeologi bddy kurma di bagian Arab timur pd tahun 6000 SM. (Alvarez-Mon 2006).

Pd zaman slnjtnya, orang Arab menyebarkan luaskan kurma di sekitar Selatan & Barat Daya Asia, bagian utara Afrika, Spanyol & Italia. Kurma diperkenalkan di Mexico & California, disktr Mission San Ignacio, oleh bangsa Spanyol pada tahun 1765.

Buah
Buah yang dihasilkan oleh pohon kurma dikenal sbg buah kurma.[4] Bntk buahnya lonjong-silinder dg panjang 3-7 cm , berdiameter 2-3 centimeter &ktk masih muda warnanya merah cerah ke kuning terang, tergantung dari jnsnya. Kurma mempunyai biji tunggal yang ukuran panjangnya sktr 2-2,5 cm & tebalnya 6-8 millimeter. Buah kurma diklmpkn menjadi tiga golongan utama yaitu: lunak (contohnya 'Barhee', 'Halaw', 'Khadrawy', 'Medjool'), semi-kering (contohnya 'Dayri', 'Deglet Noor', 'Zahidi') dan kering (contohnya 'Thoory'). Jenis buah ini trgntng pd kandungan glukosa, fruktosa & sukrosa.
Tanaman kurma mrpkn tumbuhan spesies dioecious, yaitu memiliki tumbuhan jantan dan betina yang hidup scr terpisah. Mereka dapat tmbh dg mdh dr bakal bj, ttp hny 50% tumbuhan betina yang ditnm secara pembibitan akan berbuah, dan menghasilkan buah yg kecil serta berkualitas rendah. Sbgn besar perkebunan menggunakan perkmbngbkn stek pd tumbuhan, terutama pada kultivar 'Medjool' krn bisa mnghslkn panen yg banyak srt buah yang manis dan besar. Tumbuhan yang tmbh dari cara stek akan berbuah 2-3 tahun lebih awal drpd pohon yang menggunakan bibit.
Pembuahan dg serbuk sari pd tumbuhan kurma dilkkn secara alami oleh angin ttp pd perkebunan oasis tradisional dan perkebunan modern, penyerbukan dilakukan scr manual. Penyerbukan alami pd tumbuhan jantan & betina, dapat terjadi dg jmlh yg sama antara kedua pohon. Namun, bila dilkkn dengan bantuan, satu tumbuhan jantan bisa mnyrbk hingga 100 tumbuhan betina. Tumbuhan jantan yg merupakan sebagai penyerbuk, memungkinkan para petani menggunakan sumber daya mereka untuk memproduksi lbh banyak buah pada pohon betina.

Bbrp petani bhkn tdk mmlhr tanaman jantan, yang mana sebagai bunga jantan, untk menyediakannya di pasar lokal pd saat waktu penyerbukan. Pnyrbkn manual dikerjakan oleh pkrj trmpl dengan menggunakan bantuan tangga untk naik ke atas pohon. Di beberapa daerah sprt Irak, para pkrj mmnjt tumbuhan dengan menggunakan alat pemanjat khusus, dmn alat tersebut mengitari batang pohon dan pendaki membuatnya tetap melekat pd bagasi saat mendaki. Jrng serbuk sari bisa ditrbngkn ke bunga betina dg angin.

Kurma matang dibagi mnjd empat glngn, yang mana diknl di seluruh dunia dengan menggunakan penamaanArab yaitu, kimri (muda), khalal (berukuran penuh), rutab (masak, lembut), tamr (masak, dikeringkan dengan bantuan matahari).

Setiap 100 gram kurma segar bisa mngndng sumber vitamin C[butuh rujukan] & energi sbsr 230 kcal (960 kJ). Air yang trkndng dlm kurma relatif sedikit dan hal ini tidak mnjdknnya jauh lebih pekat pada saat proses pengeringan berlangsung, mskpn vitamin C-nya akanhlng.

Kurma merupakan tanaman tradisional yg penting di Turki, Iraq, Arab, Afrika Utara smp ke Maroko. Di negara-negara Islam, kurma dan yogurt atau susu adl mknn tradisional yang utama untuk berbuka puasa pada saat bulan Ramadan. Kurma (terutama Medjool & Deglet Noor) juga dibudidayakan di Amerika Serikat padabagian selatanCalifornia, Arizona & bagian selatan Florida.

Pohon kurma dapat berbuah setelah ditanam slm 4 sampai 7 tahun dan bisa dipanen ktk telah berusia 7 smp 10 thn. Tanaman kurma yg telah dewasa bisa menghasilkan 80-120 kg (176-264 lb) buah kurma pd setiap musim panennya. Agar mndptkn buah yang berkualitas untuk bisa dipasarkan, tandan kurma harus ditipiskan & dibngks atau ditutup sebelum masak supaya buahnya bisa tumbuh menjadi lebih besar & terlindungi dr cuaca & hama, seperti burung.

Makanan dari Olahan Kurma
Kurma kering atau lembut yang dimakan buatan tangan atau mungkin terlihat berbintik-bintik diisi dengan isian sepertialmond, kenari, manisan jeruk dan kulit lemon, tahini, marzipan atau krim keju. Kurma berbintik disebut juga kurma tanpa biji. Sebagian kurma kering berbintik kemungkinan berglasir dengan sirup glukosa untuk digunakan sebagai makanan ringan. Kurma juga dapat dipotong dan digunakan dalam berbagai hidangan manis & gurih mulai dr tajines (untuk puding) diMaroko, ka'ak (jenis kue kering Arab) & makanan pencuci mulut lainnya. Kurma roti kacang, jenis kue, sangat populer diAmerika Serikat terutama menjelang hari-hari libur. Kurma juga diproses menjadi berbentuk dadu, pasta (yg disebut "ajwa"), olesan, sirup kurma atau "madu" yang disebut "dibs" atau "rub" di Libya, bubuk (gula kurma), cuka ataupun alkohol. Inovasi olahan terbaru antara lain kurma berlapis cokelat dan produk-produk seperti jus kurma bersoda, yg digunakan di beberapa negara-negara Islam sebagaisampanye versi non-alkohol, untuk acara-acara khusus dan waktu keagamaan seperti Ramadhan.

Kurma juga dapat dikeringkan, ditumbuk & dicampur dengan gandum untuk membentuk bahan baku bergizi. Kurma kering dimakan oleh unta, kuda & anjing diSahara. Di Nigeria utara, kurma & lada ditambahkan ke dalam bir asli yg diyakini membuatnya untk mengurangi mabuk.

Daun kurma muda dimasak & dimakan sebagai sayuran, seperti pangkal tunas atau jantung, meskipun pada saat pengangkatannya bisa membuat tanaman mati. Benih digiling halus dicampur dengan tepung untk membuat roti pada saat sedang kelangkaan terjadi. Bunga-bunga kurma juga dimakan. Secara tradisional, bunga betina adl bunga yang paling tersedia untuk dijual dan beratnya 300-400 gram. Kuncup bunga digunakan dalam salad atau sebagai alas pada ikan kering untk membuat bumbu roti.

Menurut sebuah studi oleh Al-Shahib dan Marshall, dalam banyak hal, "Kurma bisa dianggap sebagai makanan yang hampir ideal, memberikan berbagai nutrisi penting & manfaat kesehatan yg potensial." Kurma adl sumber yang sangat baik untuk diet kalium. Kandungan gula pd kurma yang telah matang sekitar 80%; sisanya trdr dari protein, serat, dan elemen termasuk boron, kobalt, tembaga, fluor, magnesium, mangan, selenium, & seng.[5]

Di India & Pakistan, Afrika Utara, Ghana, & Pantai Gading, tumbuhan kurma disadap untk diambil getah manisnya, yang dikonversi menjadi gula kelapa (yang diknl sebagai jaggery atau gur), sirup gula atau minuman beralkohol. Di Afrika Utara getah yang diperoleh dr penyadapan pohon palma diknl sebagai lagbi. Jk dibiarkan untk jngk wkt yang cukup lama (biasanya berjam-jam, tergantung pd suhu) lagbi dengan mdh bisa menjadi mnmn beralkohol. Keterampilan khusus dibutuhkan pd saat penyadapan pohon palma sehingga tdk mati.

Di bgn Tenggara Spanyol (di mana perkebunan besar kurma ada trmsk UNESCO dilndng Palmeral dr Elche) kurma (biasanya olahan dg almondgoreng) disajikan terbungkus pada daging babi asap dan shallow goreng.

Itu jg digunakan untuk membuat Jallab.

Kegunaan Pohon Kurma
Bj kurma tersebut direndam dari bwh ke atas untk dijadikan pakan ternak. Minyaknya cocok untuk digunakan dalam bentuk sabun & kosmetik. Mrk jg bisa diolah scr kimia sebagai sumber asam oksalat. Benih-benihnya juga dibkr untk membuat arang oleh pandai perak & bisa dirangkai mnjd kalung. Biji kurma jg tanah dan digunakan pada olahan biji kopi atau sebagai bhn tmbhn untuk kopi.

Tandan buah yg telah dipreteli bisa digunakan sebagai sapu. Di Pakistan, viskos, sirup kental yg terbuat dr buah yg matang digunakan sebagai pelapis untuk tas kulit & pipa untuk mencegah kebocoran.

Getah pohon kurma bisa dgnkn untuk membuat sirup danbrbg produk dapat dimkn berasal dari sirup.

Daun pohon kurma dgnkn untuk Palm Sunday dlm agama Kristen. Di Afrika Utara, mereka biasanya dgnkn untuk membuat pondok. Daun dewasa jg dibuat menjadi tikar, layar, keranjang & kipas. Daun yang diolah bisa digunakan sebagai isolasi kardus. Tangkai daun kering yang mrpkn sumber ampas selulosa dapat dijdkn sebagai tongkat jalan, sapu, umpan pancing dan bahan bakar. Pelepah daun yang berharga mnglrkn aroma srt seratnya juga bisa dgnkn sebagai tali, kain kasar, & topi besar. Di hari libur Yahudi,Sukkot, daun-daunnya dgnkn sebagai lulav.

Kayu kayu pohon kurma dgnkn untk tiang & langit-langit pd pondok, krn lebih ringan dari kelapa & tdk begitu tahan lama. Kayu jg dgnkn untuk konstruksi seperti jembatan dan saluran air, dan bagian dr dhows. Sisa kayunya dibkr sbg bhn bakar.

Dimana tradisi krjnn msh berkembang, seperti di Oman, tumbuhan palem adl yg plng srb guna dr semua pohon asli, dan hamper setiap bagian dr tumbuhan digunakan untk membuat barang-barang fungsional mulai dr tali dan keranjang untuk sarang, perahunelayan, dan tmpt tinggal tradisional.[butuh rujukan]

Kegunaan Kurma dalam Bidang Pengobatan
Kurma memiliki kndngn tannin yang tinggi dan secara medis dgnkn sebagai deterjen (mempunyai daya pembersihan) dan astringent pada usus yang brmslh.[butuh rujukan] Kurma bisa diberikan untuk sakit tenggorokan, pilek, penyakit selesema bronkial, mrngkn demam dan sjmlh keluhan lainnya dlm bntk infus, ramuan, sirup atau pasta.[butuh rujukan] Satu kyknn tradisional mengatakan bahwa kurma dapat menetralkan keracunan alkohol. Bubuk bj jg digunakan dlm beberapa obat-obatan tradisional.

Getah yang dicucurkan oleh batang tumbuhan, di India, digunakan untuk mengobati diare & penyakit kencing genital.[butuh rujukan] Akarnya dgnkn mlwn sakitgigi. Serbuk sari mnghslkn sebuah prinsip estrone, estrogenik, dan mempunyai efek gonadotropic pada tikus muda.

2019-03-25 23:10:08 * 2019-03-25 23:03:01

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kurma (pohon) | kurma pohon adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kurma (pohon) | kurma pohon"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit