Mahoni | ulat pohon mahoni

Mahoni | ulat pohon mahoni

 

Mahoni adl anggota suku Meliaceae yang mnckp 50 genera dan 550 varietas tanaman kayu.

Morfologi dan penyebaran

Mahoni termasuk pohon besar dengan tinggi tumbuhan mencapai 35–40 m dan diameter mncp 125 centimeter.[2] Batang lurus berbentuk silindris & tidak berbanir.[2] Kulit luar berwarna cokelat kehitaman, beralur dangkal seperti sisik, sdngkn kulit batang berwarna abu-abu dan  hls ktk masih muda, brbh mnjd cokelat tua, beralur dan  mengelupas stlh tua.[2]Mahoni baru berbunga stlh berumur 7 tahun, mahkota bunganya silindris, kuning kecoklatan, benang sari melekat pada mahkota, kepala sari putihkuning kecoklatan.[3] Buahnya buah kotak, bulat telur, berlekuk lima, warnanya cokelat. Biji pipih, wrnnya hitam atau cokelat.[4] Mahoni dpt dijumpai tumbuh liar di hutan jati dan  tempat-tempat lain yg dkt dengan pantai, atau ditnm di tepi jalan sebagai tumbuhan pelindung.[5] Pohon yang asalnya dari Hindia Barat ini, bisa tumbuh subur bila tmbh di pasir payau dkt dg pantai.[6]

Manfaat

Pohon mahoni dapat mngrng polusi udara sktr 47% - 69% shngg disebut sebagai tanaman plndng sklgs filter udara dan  daerah tngkpn air.[7] Daun-daunnya bertugas mnyrp polutan-polutan di sktrnya. Sblknya, dedaunan itu akan melepaskan oksigen (O2) yang mmbt udara di sekitarnya mnjd segar.[7] Ketika hujan turun, tanah &  akar-akar pepohonan itu akan mngkt air yg jth, sehingga mnjd cadangan air.[7] Buah mahoni mengandung flavonoid &  saponin[8]. Buahnya dilaporkan bisa mlncrkn peredaran darah shngg para penderita penyakit yg menyebabkan trsmbtny aliran darah disarankan mmk buah ini sbg obat, mengurangi kolesterol, pnmbnn lemak pd saluran darah, mngrng rasa sakit, pendarahan dan  lebam, srt bertindak sebagai antioksidan untuk menyngkrkn radikal bebas[8], mncgh penyakit sampar, mengurangi lemak di badan, mmbnt mngktkn sistem kkbln, mncgh pembekuan darah, serta mngtkn fungsi hati &  mmprlmbt proses pembekuan darah[9]. Sifat Mahoni yg dpt brthn hdp di tanah gersang menjadikan pohon ini sesuai ditanam di tepi jalan. Bg penduduk Indonesia khususnya Jawa, pohon ini bukanlah tumbuhan yang baru, krn sejak zaman penjajahan Belanda mahoni &  rekannya, Tumbuhan Asam, sudah banyak ditanam di pinggir jalan sbg pndh terutama di sepanjang jalan yang dibangun olehDaendels antr Anyer sampai Panarukan. Sejak 20 tahun terakhir ini, tumbuhan mahoni mulai dibudidayakan krn kayunya mempunyai nilai ekonomis yang ckp tinggi. Kualitas kayunya krs dan  sangat baik untk meubel, furnitur, barang-barang ukiran &  kerajinan tangan. Srng jg dibuat penggaris karena sifatnya yg tdk mdh berubah. Kualitas kayu mahoni berada sedikit dibwh kayu jati shngg srng dijuluki sebagai primadona kedua untuk mwrn pakaian. Kain yg dirbs brsm kulit mahoni akan menjadi kuning dan  tdk mdh lntr.Sdngkn getah mahoni yg dsbt juga blendok dapat diprgnkn sebagai bhn baku lem, dan  daun mahoni untk pakan ternak.[10]

Ekstrak biji pohon mahoni jg dapat digunakan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama pd pertnmn kubis, yaitu Plutella xylostella &  Crocidolomia binolalis khususnya pd saat hama berada pada stadia larva. Penggunaan insektisida botani mrpkn salah satu alternatif pngndln yg bertujuan untk mengurangi dampak negatif akbt penggunaan insektisida sintetik yang tdk bijaksana.

 

2019-03-12 13:35:14 * 2019-03-12 13:25:13

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Mahoni | ulat pohon mahoni adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Mahoni | ulat pohon mahoni"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit