Cabai menanam cabai yang benar

8:03:03 Cabai atau cabai merah atau chili adalah buah & tumbuhan anggt genus Capsicum. Buahnya dapat digolongkan sbg sayuran mpn bumbu, tergantung bagaimana digunakan. Sebagai bumbu, buah cabai yg pedas sangat popular di Asia Tenggara sebagai penguat rasa mknn. Bagi seni mskn Padang, cabai bhkn dianggap sbg "bhn mknn pokok" ke sepuluh (alih-alih sembilan). Sngt slt bagi mskn Padang dibuat tnp cabai.
Manfaat Cabai
Cabai merah bsr (Capsicum annuum L.) merupakan slh satu jenis sayuran yg memilki nilai ekonomi yg tinggi. Cabai mngndng brbg jenis snyw yg berguna bg kshtn manusia. [1]. Sun et al. (2007) mlprkn cabai mngndng antioksidan yang berfungsi untuk menjaga tubuh dari serangan radikal bbs. Kndngn terbesar antioksidan ini adalah pd cabai hijau. Cabai jg mngndng Lasparaginase dan Capsaicin yg berperan sbg zat antikanker (Kilham 2006; Bano & Sivaramakrishnan 1980).

Cabai (Capsicum annum L) merupakan slh satu produk sayuran yg banyak dibddykn oleh petani di Indonesia karena memiliki hrg jual yg tngg [2]dan memiliki beberapa manfaat kesehatan yg slh satunya adalah zat capsaicin yang brfngs dalam mengendalikan penyakit kanker. Selain itu kandungan vitamin C yang ckp tinggi pd cabai dapat mmnh kebutuhan harian stp orang, nmn harus dikonsumsi sckpnya untuk menghindari nyeri lambung.

Cara penanaman
Cabai atau lombok termasuk dlm suku terong-terongan (Solanaceae) dan merupakan tumbuhan yg mudah ditnm di dataran rendah ataupun di dtrn tngg. Tumbuhan cabai banyak mngndng vitamin A & vitamin C serta mngndng minyak atsiri capsaicin, yang menyebabkan rasa pedas dan mmbrkn kehangatan panas bl digunakan untk rempah-rempah (bumbu dapur). Cabai bisa ditnm dg mudah sehingga bisa dipakai untuk kebutuhan sehari-hari tnp hrs membelinya di pasar.
Tanaman cabai cocok ditnm pd tanah yg kaya humus, gembur dan sarang, srt tidak trgnng air; pH tanah yg ideal sktr 5-6. Wkt tanam yg baik untk lhn kering adl pd akhir musim hujan (Maret-April). UntkUntuk mendapat hrg cabai yg tngg, bisa juga [dilkkn|dilakukan} pd bln Oktober dan panen pada bln Desember, walaupun ada rsk kggln. Tumbuhan cabai diperbanyak melalui biji yang ditnm dr tanaman yg sehat serta bbs dari hama & penyakit. Buah cabai yang tlh diseleksi untuk bibit dijmr hingga krng. Kalau panasnya cukup dlm lima hari tlh krngkering kmdn baru diambl bjnya: Untuk areal satu hektar dibthkn sekitar 2-3 kg buah cabai (300-500 gram biji).

Permasalahan produksi
Slh satu kendala utama dalam sistem produksi cabai di Indonesia adalah adanya srngn lalat buah pd buah cabai. Hama ini sering menyebabkan gagal panen[3]. Laporan Departemen Pertanian RI thn 2006 mnnjkkn bahwa kerusakan pada pohon cabai di Indonesia dpt mncp 35%. Buah cabai yg trsrng sering tmpk sehat dan utuh dr luar tetapi bila dilihat di dlmnya membusuk dan mengandung larva lalat. Pnybbnya trutm adl lalat buahBactrocera carambolae. Krn gjl awalnya yg tak tmpk jls, sementara hama ini sbnrnnya msh trbts di Indonesia, lalat buah mnjd hamakarantina yg ditakuti shngg dapat menjadi penghambat ekspor buah-buahan maupun pada produksi cabai.

Selain lalat buah, Kutudaun Myzus persicae (Hemiptera: Aphididae) mrpkn salah satu hama pntng pada bddy cabai karena dpt menyebabkan krskn hngg 80%. Cara pngndlnnya bisa mnggnkn insektida nabati ekstrak Tephrosia vogelii dan Alpinia galanga. [4]

Upaya penanggulangan hama
Sebenarnya sudah dilkkn cara untuk mengendalikan serangan lalat buah ini, di antaranya adl pembrongsongan yg dapat mncgh srngn lalat buah. Akan tetapi, cara ini tidak praktis untuk dilkkn pada tumbuhan cabai dlm areal yg luas. Smtr penggunaan insektisida sln mncmr lngkngn jg sangat brbhy bagi knsmn buah. Oleh krn itu, dibutuhkan cara pengendalian yang ramah lingkungan dan cck untk diterapkan di areal luas seperti di lahan sentral produksi cabai. Upaya pngndln lalat buah pd pohpn cabai, khususnya cabai merah, adl pngggnn insektisida sintetik karena dianggap praktis, mudah didapat, & menunjukkan efek yg cepat. Selain insektisida sintetik, insektisida nabati sprt kacang babi Tephrosia vogelii, jeruk purut Citrus hystrix, serai wangi Cymbopogon citratus efektif sebagai penolak lalat buah.[5]



Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Kab. Kediri Toli-Toli Sukamara Bolaang Mongondow Timur Bungo Sukamara Sibolga Bolaang Mongondow Utara Bitung Bitung Kota Mojokerto Palembang Asmat Jakarta Selatan

Dan Kec lainnya Kec. Bojong Kec. Kedung Banteng Kec. Muncar Kec. Cipunagara Kec. Sumbawa Kec. Habinsaran Kec. Bandung Kidul Kec. Jambu Kec. Sidoarjo Kec. Kradenan Kec. Tenayan Raya Kec. Rawalumbu Kec. Teluk Sampit Kec. Tamanan Muara Gembong Kec. Bangodua Kec. Haurwangi Kepala Madan Kec. Kosambi Kec. Pandaan

Tag Cabai menanam cabai yang benar

Tag search: menanam cabai yang benar Cabai ..6 Cara Menanam Cabe Sendiri di Rumah dengan Mudah dan Pasti Lifestyle20180606 Saat Anda berhasil menanam cabe sendiri di rumah maka Anda tidak akan kebingungan ketika harga cabe sedang meroket tinggiCara Menanam Cabe Yang Baik dan Benar Bibit Bunga caramenanamcabeyangbaikdanbenarIni dia panduan budidaya dan tata cara menanam cabe merah rawit dan keriting yang baik dan benar secara lengkapCara Menanam Cabe Keriting dan Cabe Rawit yang Benar Sampai Wirausaha MenanamCara Menanam Cabe Cabe sudah terkenal sebagai penyedap rasa untuk masakan Orang menikmati cabe dalam berbagai bentuk baik dalam bentuk7 Cara Menanam Cabai 90 Berhasil Bunga Bunga caramenanamcabai20190911 Kali ini kami akan membagikan informasi langkah demi langkah tentang cara menanam cabai dengan benar sehingga mudah bagi siapaPDF Budidaya cabai yang baik dan benar pembibitan FAO Tanaman cabai dapat tumbuh di wilayah Indonesia dari dataran rendah sampai dataran tinggi Peluang pasar besar dan luas dengan ratarata konsumsi cabaiCara Semai Cabe Rawit Anti Gagal Hanya 2 Hari Sudah Tumbuh watch20181206 Cara Semai Cabe Rawit Anti Gagal 2 Hari Sudah Tumbuh Daun Tanam Setelah Trukm 645Paskelbta 20181206Cara menyemai bibit cabe umur 35 hari siap tanam YouTube watch20190317 cara menanam cabe umur 35 hari dari semai biji cabe sampai bibit cabe siap ditanam Trukm 431Paskelbta 20190317Cara Menanam Cabe Rawit Yang Benar Lengkap Utama Tani Home Budidaya dan PemeliharaanCara menanam cabe rawit secara organik maupun non organik sebenarnya prinsipnya sama Menanam cabe rawit di pot ataupun di polybag tergantung teknikPanduan Cara Budidaya Cabai untuk Pemula Lengkap kumparan nandadc panduancarabudidayacabaiuntukp20180131 Kali ini SentraBudidaya akan berbagi informasi bagaimana cara menanam cabai yang benar step by step jadi mudah untuk diikuti oleh siapa .


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Cabai menanam cabai yang benar adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Cabai menanam cabai yang benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit