Mahoni | cara mematikan pohon mahoni tanpa menebang

Mahoni | cara mematikan pohon mahoni tanpa menebang

 

Mahoni adl anggt suku Meliaceae yg mnckp 50 genera & 550 jenis tanaman kayu.

Morfologi dan penyebaran

Mahoni trmsk tanaman bsr dengan tinggi pohon mencapai 35–40 meter dan diameter mncp 125 cm.[2] Batang lurus brbntk silindris & tdk berbanir.[2] Kulit luar berwarna cokelat kehitaman, beralur dangkal seperti sisik, sdngkn kulit btng berwarna abu-abu &  hls ketika msh muda, berubah menjadi cokelat tua, beralur dan  mnglps setelah tua.[2]Mahoni baru berbunga stlh berumur 7 thn, mahkota bunganya silindris, kuning kecoklatan, benang sari melekat pd mahkota, kepala sari putihkuning kecoklatan.[3] Buahnya buah kotak, bulat telur, berlekuk lima, wrnnya cokelat. Bj pipih, wrnnya hitam atau cokelat.[4] Mahoni dapat ditemukan tumbuh liar di hutan jati &  tempat-tempat lain yang dkt dengan pantai, atau ditnm di tepi jln sbg tanaman pelindung.[5] Tanaman yang asalnya dari Hindia Barat ini, bisa tumbuh subur bila tmbh di pasir payau dekat dengan pantai.[6]

Manfaat

Pohon mahoni dapat mngrng polusi udara sekitar 47% - 69% sehingga dsbt sebagai tanaman plndng sklgs filter udara &  daerah tngkpn air.[7] Daun-daunnya bertugas menyerap polutan-polutan di sekitarnya. Sblknya, dedaunan itu akan mlpskn oksigen (O2) yang mmbt udara di sekitarnya menjadi segar.[7] Ketika hujan turun, tanah dan  akar-akar pepohonan itu akan mengikat air yg jth, shngg menjadi cdngn air.[7] Buah mahoni mengandung flavonoid dan  saponin[8]. Buahnya dilaporkan bisa mlncrkn peredaran darah sehingga para penderita penyakit yang menyebabkan tersumbatnya aliran darah disarankan mmk buah ini sebagai obat, mengurangi kolesterol, pnmbnn lemak pd saluran darah, mengurangi rasa sakit, pendarahan &  lebam, srt brtndk sbg antioksidan untuk menyngkrkn radikal bebas[8], mncgh penyakit sampar, mengurangi lemak di badan, membantu mngktkn sstm kekebalan, mncgh pembekuan darah, srt menguatkan fungsi hati dan  memperlambat proses pmbkn darah[9]. Sifat Mahoni yg dapat brthn hdp di tanah gersang mnjdkn tumbuhan ini sesuai ditnm di tepi jalan. Bagi pnddk Indonesia khususnya Jawa, pohon ini bknlah tanaman yang baru, karena sjk zaman penjajahan Belanda mahoni dan  rekannya, Tumbuhan Asam, sdh banyak ditanam di pinggir jln sebagai peneduh terutama di sepanjang jln yg dibangun olehDaendels antr Anyer smp Panarukan. Sjk 20 tahun terakhir ini, pohon mahoni mulai dibudidayakan krn kayunya memiliki nilai ekonomis yang ckp tinggi. Kualitas kayunya krs dan  sngt baik untuk meubel, furnitur, barang-barang ukiran dan  kerajinan tangan. Srng juga dibuat penggaris karena sftnya yg tdk mdh berubah. Kualitas kayu mahoni berada sedikit dibwh kayu jati sehingga sering dijuluki sebagai primadona kedua untuk mewarnai pakaian. Kain yg direbus brsm kulit mahoni akan mnjd kuning dan  tidak mdh lntr.Sedangkan getah mahoni yg dsbt juga blendok bisa dipergunakan sebagai bhn baku lem, dan  daun mahoni untk pakan ternak.[10]

Ekstrak bj tanaman mahoni jg dapat digunakan sbg pestisida nabati untuk mngndlkn hama pd pertanaman kubis, yaitu Plutella xylostella &  Crocidolomia binolalis khususnya pada saat hama berada pada stadia larva. Penggunaan insektisida botani mrpkn slh satu alternatif pengendalian yang brtjn untk mengurangi dampak negatif akibat pnggnn insektisida sintetik yg tidak bjksn.

 

2019-03-07 0:03:06 * 2019-03-06 23:36:06

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Mahoni | cara mematikan pohon mahoni tanpa menebang adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Mahoni | cara mematikan pohon mahoni tanpa menebang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit