Kersen bonsai buah kersen

16:40:02 Kersen atau talok (Muntingia calabura L.) adalah sejenis pohon sekaligus buahnya yg kecil dan manis berwarna merah cerah. Di beberapa daerah, sprt di Jakarta, buah ini jg dinamai ceri (untuk ceri yg sbnrny, lihat artikel ceri).

Dalam Bahasa Madura, buah ini dsbt "kersen" baleci. Nama-nama lainnya di bbrp negara adalah datiles, aratiles,manzanitas (Filipina); mât sâm (Vietnam); khoom sômz, takhôb (Laos); takhop farang (Thailand); krâkhôb barang (Kamboja); & kerukup siam (Malaysia).

Jg dikenal sbg capulin blanco, cacaniqua, nigua, niguito (bahasa Spanyol); Jamaican cherry, Panama berry, & Singapore cherry (Inggris). Orang Belanda dl mnybtnya Japanse kers ("ceri jepang"), yg lalu dari sini diambil menjadi kersen dlmbahasa Indonesia atau ada yg mnybtnya ceri.

Daun Kersen mngndng zat antioksidan alami sehingga bs mnghmbt pertmbhn sel kanker dalam tubuh manusia. Di desa Mojodeso, Kecamatan Kapas, Kab. Bojonegoro, daun Kersen diolah oleh Adib Nurdiyanto mnjd teh herbal. Dikemas dlm botol siapmnm, teh daun Kersen ini mnjd minuman herbal yangdigmr para remaja.

Pemerian
Perdu atau pohon, tinggi sampai 12 meter, meski umumnya hny sktr 3-6 meter saja. Hijau abadidan terus menerus berbunga dan berbuah sepanjang tahun.
Cabang-cabang mendatar, menggntng di ujungnya; mmbntk naungan yg rindang. Ranting-ranting berambut halus bercampur dg rambut kelenjar; dmkn pula daunnya.
Daun-daun terletak mndtr, berseling; helaian daun tdk simetris, bundar telur lanset, tepinya bergerigi dan berujung runcing, 1-4 × 4-14 centimeter, sisi bwh berambut kelabu rapat; bertangkai pendek. Daun penumpu yg sebelah meruncing bntk benang, lk. 0,5 centimeter, agak lama lalu mengering dan rontok, sementara sebelah lagi rudimenter.

Bunga dlm berkas, berisi 1-3(-5) kuntum, trltk di ketiak agak di sblh atas tmbhnya daun; bertangkai panjang; berkelamin dua dan berbilangan 5; kelopak berbagi dlm, taju meruncing bentuk benang, berambut halus; mahkota bertp rata, bundar telur terbalik, putih tipis, gundul, lk. 1 centimeter. Benang sari brjmlh banyak, 10 sampai lbh dari 100 helai. Bunga yg mekar menonjol keluar, ke atas helai-helai daun; namun setelah menjadi buah menggntng ke bawah, tersembunyi di bawah helai daun. Umumnya hny satu-dua bunga yg menjadi buah dlm tiap berkasnya.

Buah buni bertangkai panjang, bulat hmpr sempurna, diameter 1-1,5 centimeter, hijau kuning dan akhirnya merah apblmatang, bermahkota sisa tangkai putik yg tidak rontok srp bintang hitam bersudut lima. Berisi bbrp ribu bj yg kecil-kecil, halus, putih kekuningan; terbenam dalam daging dan sari buah yg manis skl.

Selain itu, buah kersen jg dapat dgnkn untk obat penyakit asam urat, diabetes, & masih banyak lg.

Hasil, ekologi dan penyebaran
Buah kersen disukai terutama oleh anak-anak, burung dan codot. Anak-anak sekolah srng memanjat pohonnya, meninggalkan bekas-bekas berupa ranting yg berpatahan dan kulit batang yg terklps. Buah ini juga dapat dijdkn selai. Di Meksiko, buah kersen dijual di pasar.Tanaman kersen di Indonesia mudah dijumpai. Biasanya pohon ini dijdkan tmpt teduh bg tukang becak di Indonesia.

Kayu kersen lunak dan mudah kering, sangat brgn sbg kayu bakar. Kulit kayunya yg mudah dikupas digunakan sebagai bahan tali & kain pembalut. Daunnya dapat dijadikan smcm teh.

Burung-burung pemakan buah, seperti kelompok merbah dan burung cabe, sering mngnjng pohon ini di waktu siang untk mmkn buah atau sari buahnya yang manis. Di waktu hari gelap, berganti aneka jenis kelelawar pemakan buah yang dating dg tujuan yang sama. Biji kersen tdk tercerna oleh burung dan codot, karena itu kedua klmpk hewan ini sklgs bfngs sbg pemencar bijinya.

Pohon kersen khususnya berguna sbg pohon peneduh di pinggir jalan. Tanaman kecil ini awalnya srng tumbuh sebagai semai liar di tepi jalan, selokan, atau mncl di tengah retakan tembok lantai atau pagar, dan akhirnya tmbhdg cepat –biasanya dibiarkan saja– membesar sbg tumbuhan naungan. Sebab itulah pohon kersen seringkali ditemukan di hwilayah perkotaan yg ramai dan padat, di tepi trotoar & lahan parkir, di tepi sungai yg tdk terurus atau di tmpt-tmpt yang biasa krng berkpnjngn.

Karena sifat-sifat dan daya thnnya itu, kersen mnjd salah satu tanaman pionir yang plng banyak dijumpai di wilayah hunian manusia di daerah tropis. Berasal dari Amerika tropis (Meksiko selatan, Karibia, Amerika Tengah smp ke Peru dan Bolivia), kersen dibw masuk ke Filipina pada akhir abad-19, & lalu dengan cpt mnybr di seluruh wlyh tropis Asia Tenggara.



Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Solok Kepulauan Anambas Samosir Langsa Pringsewu Samosir Kab. Majalengka Pringsewu Pulau Morotai Jakarta Utara Kab. Sintang Kab. Ponorogo Prabumulih Enrekang

Dan Kec lainnya Kec. Mekar Baru Kec. Wangon Kec. Duduk Sampeyan Kec. Parigi Kec. Balen Kec. Jatinegara Kec. Tirtomoyo Kec. Pasekan Kec. Wajo Kec. Cipeundeuy Kec. Tellulimpoe Kec. Tayando Tam Kec. Kotabaru Kec. Jati Kec. Pronojiwo Kec. Kuta Raja Kec. Soreang Kec. Kasihan Kec. Bayah Dawuan

Tag Kersen bonsai buah kersen

Tag search: bonsai buah kersen Kersen


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kersen bonsai buah kersen adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kersen bonsai buah kersen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit