Pepaya pupuk untuk pohon pepaya

3:35:02 Pepaya (Carica papaya L.), atau betik adalah tumbuhan yg berasal dr Meksiko bagian selatan dan bgn utara drAmerika Selatan, & kini mnybr luas & banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya. C. papayaadalah satu-satunya variasi dalam genus Carica. Nama pepaya dlm bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda, "papaja", yg pada gilirannya jg mngmbl dari nama bahasa Arawak, "papaya". dlm bahasa Jawa pepaya disebut "katès" dan dalam bahasa Sunda "gedang".

Kegunaan
Pepaya jantan dengan bunga.

Buah pepaya dimkn dagingnya, baik ketika muda maupun masak. Daging buah muda dimsk sbg sayuran. Daging buah matang dimakan segar atau sbg campuran koktail buah. Pepaya dimanfaatkan pula daunnya sebagai sayuran & pelunak daging. Daun pepaya muda dimkn sebagai lalapan (setelah dilayukan dengan air panas) atau djdkn pembungkus buntil. Oleh orang Manado, bunga pepaya yg diurap [mnjd|menjadi} sayuran yang biasa dimakan. Getah pepaya (dpt ditemukan di batang, daun, dan buah) mengandung enzim papain, semacam protease, yang dpt melunakkan daging & mengubah konformasi protein lainnya. Papain telah diproduksi secara massal & menjadi komoditas dagang.

untk memproduksi papain, bahan baku yang perlu dipersiapakan adl getah pepaya. [Smntr|Sementara} bhn penolongnya brp air & sulfit. Air digunakan sebagai pengencer getah pepaya, sedangkan sulfit dgnkn sebagai pelarut bahan kimia.

Pengambilan getah buah dilkkn pada buah yg sudah berumur 2.5-3 bln. Buah yang sedangkan dalam masa penyadapan harus tetap tergantung pada batang pokoknya. Penyadapan dilakukan smp tujuh kali dengan interval penyadapan empat hari, maka waktu yg diperlukan untk penyadapan adl sekitar 28 hari. Waktu yg tepat untk menyadap adalah pagi hari sebelum matahari terbit atau sore hari sebelum matahari terbenam. [1]

Daun pepaya jg berkhasiat obat & perasannya dgnkn dlm pengobatan tradisional untk mnbh nafsu makan.

Pemerian

Pohon pepaya umumnya tdk bercabang atau bercabang sedikit, tumbuh hngg setinggi 5–10 mdengan daun-daunan yg mmbntk berupa spiral pd batang pohon bgn atas. Daunnya menyirip lima dengan tangkai yg panjang dan berlubang di bgn tengah. Bentuknya dapat bercangap ataupun tdk. Pepaya kultivar biasanya bercangap dalam.

Pepaya adl monodioecious' (berumah tunggal sklgs berumah dua) dg tiga kelamin: tanaman jantan, betina, & banci (hermafrodit). Tanaman jantan dikenal sebagai "pepaya gantung", yg walaupun jantan kadang-kadangdpt mnghslkn buah pula scr"partenogenesis". Buah ini mandul (tidak menghasilkan bj subur), & djdkn bhn obat tradisional. Bunga pepaya memiliki mahkota bunga brwrn kuning pucat dg tangkai atau duduk pada batang. Bunga jantan pada tumbuhan jantan tumbuh pd tangkai panjang. Bunga biasanya ditemukan pada daerah sekitar pucuk.

Bntk buah bulat hngg memanjang, dg ujung biasanya meruncing.Warna buah ketika muda hijau gelap, dan setelah matang hijau muda hngg kuning. Bentuk buah membulat bila berasal dr tanaman betina & memanjang (oval) bila dihasilkan tanaman banci. Tumbuhan banci lebih disukai dalam budidaya krn dpt mnghslkn buah lebih bnyk & buahnya lbhbesar. Daging buah berasal dr karpela yg menebal, berwarna kuning hngg merah, tergantung varietasnya. bgn tengah buah berongga. Bj-bj brwrn hitam atau kehitaman dan terbungkus semacam lpsn berlendir (pulp) untuk mencegahnya dr kekeringan. dalam budidaya, biji-biji untuk ditanam kembali diambil dr bgn tengah buah.

Kelamin jantan pepaya ditentukan oleh suatu kromosom Y-primitif, yg 10% dari keseluruhan panjangn tdk mengalami rekombinasi.[2] Suatu penanda genetikRAPD jg tlh ditmkn untuk membedakan papaya berkelamin betina dr papaya jantan atau banci.[3]

Kultivar papaya

Kultivar pepaya bermacam-macam karena berbeda-beda pemanfaatan dan slr konsumen.

Kultivar Institut Pertanian Bogor (IPB)

kultivar pepaya ini dikembangkan oleh Pusat Kajian Hortikultura Tropika (PKHT) IPB.[4]

IPB-1 (Arum Bogor)

Arum Bogor mempunyai keunggulan bersosok kcl atau mini, bobotnya sekitar 0,63kg hingga praktis untuk dikonsumsi.

IPB-2 (Prima Bogor)

Prima Bogor mempunyai keistimewaan daging buahnya berwarna merah, bobot hingga 2.257 kilogram dan dapat brthn lama ktk disimpan. Prima Bogor dpt bertahan selama 1 minggu masa penyimpanan.

IPB-3 (Carisya)

Pepaya Carisya berdimensi kecil sehingga praktis dikonsumsi satu orang menggunakan sendok. Kulit buah hls mulus, berwarna hijau tua, rasa daging buah sangat manis, daging buah agak kenyal dan berwarna merah jingga, tdk ada bau "burung"sehingga disukai oleh knsmn. Kadar gula carisya adalah 140 briks. Carisya lebih thn tungau dibndngkn dengan Arum Bogor.

IPB-6C (Sukma)

Pepaya Sukma mempunyai keunggulan daging buah yang benar-benar merah. Ketika matang, warna kulitnya bersemburat kuning pd bagian ujung buah. Bobot dpt mencapai2 kg. Cocok untuk diknsmsoleh satu keluarga besar.

IPB-9 (Calina / California)

Pepaya IPB-9 memiliki kekhasan pd permukaan kulit buahnya yg sangat mulus dan brwrn hijau. Bila dibelah daging buahnya brwrn Jingga kemerahan yang lezat. Daging buahnya tebal & lembut. Bobot dpt mencapai 1,5 kg dengan tingkat kemanisan 110 briks. Kadar gulanya lebih tinggi dari pepaya Cibinong yg berkadar gula 9-100briks.

Pepaya bangkok
Pepaya bangkok diintroduksi dari Thailand. Permukaan buahnya tidak rata dan kulit luarnya relatif tipis, shngg sulit dikupas. Klbhnny, dagingnya manis & berair. Buahnya berukuran bsr.
Pepaya Solo
Ini adl pepaya kultivar hibrida unggul dr Hawaii. Buahnya kecil-kecil dan disukai oleh knsmn barat.

Lain-lain
Selain itu terdpt pula pepaya hias yg warna daun atau tangkai daunnya ungu. Pepaya ini ditanam lebih untk penampilannya dalam memperindah taman. DiDataran Tinggi Dieng dikenal produk mrp pepaya yang dikemas & disebut "carica". Jenis ini menyukai daerah dingin untk produksi buah secara optimal.
Manfaat pepaya
Manfaat buah pepaya
Pepaya mempunyai mnft yang banyak karena pepaya banyak mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, pepaya juga memperlancar pencernaan bagi yg sulit buang air besar. Di beberapa tempat buah pepaya setengah matang dijdkn rujak buah manis bersama dengan buah bengkoang, nanas, apel,belimbing, jambu air. Getah buah pepaya jg tergolong mhlkrn getah pepaya bs diolah mnjd tepung papain yg berguna bg kebutuhan rumah tangga dan industri. pada pengobatan herbal pepaya dapat mncgh kanker,[5] sembelit, kesehatan mata.

Manfaat biji pepaya
Dokter Wahyu Triasmara mnjlskn bhw bj buah pepaya brmnft sbg antioksidan dalam darah krn dapat menurunkan kadar kolesterol dan LDL, serta mngktkn kadar HDL (lipoprotein densitas tinggi). Biji pepaya memiliki efek hipolipidemia untuk terapi hiperlipidemia yg disebabkan oleh kadar lemak nabati atau kolesterol dalam jumlah terlalu tinggi krn ekstrak biji trsbt berisi kndngn alkaloid, flavonoid, tanin, saponin, antrakuinon, dan antosianin. Menurutnya biji pepaya dapat diknsms dengancr diblender dan disjkn seperti mmbt jus, atau pun dg cara disdh seperti menyeduh kopi setelah terlebih dahulu [dikrngkn|dikeringkan} & diblender.[6]

Hama & Penyakit
Hama yang umum menyerang tumbuhan pepaya antara lain kutu putih & tungau Tetranychus sp. se&gkan penyaki yang umum menyerang antara lain antraknosa, busuk akar, busuk pangkal batang, bercak daun.[7] Kutu putih pepaya Paracoccus marginatus Williams & Granara de Willink (Hemiptera: Pseudococcidae) merupakan hama br yg mnjdmslh penting pada pertanaman pepaya di Indonesia. Serangga ini diketahui keberadaannya pertama kali pada bulan Mei 2008 pd tumbuhan pepaya di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat.[8] Kutu putih pepaya P. marginatus adalah hama penting di Indonesia yg memiliki daya rusak tinggi.[9]



Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Sijunjung Kab. Bandung Sinjai Gayo Lues Asahan Sinjai Tulang Bawang Barat Takalar Kepahiang Tanah Bumbu Bengkulu Utara Lanny Jaya Soppeng Jembrana

Dan Kec lainnya Kec. Jati Sampurna Kec. Sempul Kec. Sigaluh Kec. Medan Kota Belawan Kec. Padas Ngruki Kec. Pollung Kec. Benowo Kec. Ngusikan Kec. Batur Kec. Duduk Sampeyan Kec. Sidoharjo Kec. Bantur Kec. Mimika Timur Jauh Kec. Syiah Kuala Tapango Kec. Bringin Kec. Bungursari Kec. Mardinding Kec. Simpang Empat

Tag Pepaya pupuk untuk pohon pepaya

Tag search: pupuk untuk pohon pepaya Pepaya ..Bertanam Pepaya Revisi booksSebaliknya jika bunga pertama itu bunga betina maka menandakan pohon betina Untuk itu pada umur tersebut tanaman pepaya perlu diberi pupuk sesuaiPEPAYA Budidaya Pasca Panen booksWaktu jenis dan dosis pemupukan tanaman pepaya untuk perkebunan biasa Keterangan 1 kaleng pupuk kandang beratnya antara 1520 kg Pada bentukBudi Daya Pepaya booksAdapun dosis pupuk yang harus diberikan adalah sebagai berikut a Pupuk Pohon yang dipilih untuk dipelihara adalah pohon pepaya sempurna PohonGSBM Gerakan Sekolah Bersih Menyenangkan booksBagus sekali sebagai pupuk organik untuk aneka jenis tanaman Tanpa harus Kulit buah pepaya untuk pupuk cair organik pengganti pupuk 76 G B SMBudi Daya PEPAYA UNGGUL booksUntuk tanaman yang sedang berbuah membutuhkan 3035 liter per hari kecuali hari tetap terjaga tanaman pepaya perlu dipupuk secara rutin untuk menjamin Pemberian pupuk yang mengandung unsur nitrogen dan fosfor pada saatSukses Bertanam Pepaya Unggul Kualitas Supermarket booksPupuk yang diberikan ke tanaman pepaya bisa berupa pupuk organik dan anorganik Tujuannya untuk memasokhara yang diperlukan bagi pertumbuhan danMemupuk Tanaman Buah booksSetiap 6 bulan sekali 150 g NPK 151515 dan 10 kg pupuk kandang Pepaya Pupuk untuk persemaian pupuk kandang yang dicampur tanah dengan Pupuk untuk pepaya california agar berbuah lebat YouTube watch20190630 Video tentang pupuk untuk pepaya california agar berbuah lebat Berikut ini postingan Trukm 411Paskelbta 20190630Cara memupuk pepaya agar berbuah lebat melimpah YouTube watch20171115 Nah karena pohon pepaya diatas adalah jenis cangkokan maka langsung saja kita Trukm 710Paskelbta 20171115 .


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Pepaya pupuk untuk pohon pepaya adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Pepaya pupuk untuk pohon pepaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit